Tuesday, May 7, 2013

2 Orang Alumni Man Lubuk Sikaping Sukses Mengibarkan Bendera Sang Merah Putih di Bukit Sinai (Jabal Musa a.s)

Diposkan oleh KADRY BONJOLY di 9:23 PM


Siapa di antara kita yang tidak kenal dengan Bukit Sinai atau juga di kenal dengan sebutan jabal Musa a.s. semenjak sekolah dasar (sd) kita telah diperkenalkan tentang mukjizat nabi Musa a.s yaitu Allah s.w.t bicara langsung dengan nabi Musa a.s di bukit sinai sehingga menyebabkan turun nya wahyu kepada nabi Musa a.s. sebagaimana Allah mengatakan dalam Al-qur'an : " Dan kepada Musa Allah berfirman langsung" (q.s. An-Nisa' : 164). ini merupakan keistimewaan bagi nabi Musa a.s sehingga dia disebut juga "kalimullah"

Tentunya kita pasti penasaran dimanakah gunung sinai (jabal Musa a.s) itu? pastinya dia terletak di negeri Mesir (Egypt) berbatasan dengan negara Israel. ada beberapa Ayat Al-qur'an yang berbicara tentang bukit sinai ini diantaranya : " dan kami tumbuhkan pohon zaitun yang tumbuh dari gunung sinai, yang menghasilkan minyak, dan bahan pembangkit selera bagi orang-orang yang makan" ( q.s al-mu'minun : 20), "Demi gunung sinai" (q.s At-tin : 2)

Pada tanggal 24-25 januari 2013 M/ 12 Robi'ul awal 1434 H, salah satu kekeluargaan mahasiswa indonesia yang ada di Mesir yaitu Kekeluargaan Mahasiswa Minang (KMM), merupakan Kekeluargaan tertua diantara kekeluargaan lain nya mengadakan Rihlah (study tour) ke bukit Sinai ini, salah satu tempat yang penuh bersejarah bagi Umat Islam. kendaraan yang di berangkatkan sebanyak 2 bus, dengan jumlah penumpang lebih kurang 100 0rang, diantaranya 2 orang Alumni Man lubuk sikaping, kabupaten pasaman Maswir Muhammad Nur (Alumni 2010) dan H. Azmil Nasution (Alumni 2006). kedua Alumni tersebut merupakan generasi 7 dan generasi 3 dari Man Unggul Lb. Sikaping.

Bersama bang H. Azmil Nasution
Bg Maswir. " My Best Brother ever"



Suasana rihlah yang begitu indah karena dalam rihlah kali ini, Kepala Sekolah Indonesia Cairo (SIC) bapak Qomarulloh beserta rombongan juga ikut bersama kmm mesir, kalau kita selidiki ternyata kepsek SIC mesir adalah orang minang yang lebih menakjubkan lagi beliau Asli pasaman tinggal di Bonjol, kec. Bonjol. diantara tujuan Rihlah yang kita adakan sesuai dengan tema yang kita pasang "Malapeh Panek setelah Ujian", karena sudah menjadi kebiasaan bagi Mahasiswa Indonesia setelah selesai melaksanakan ujian semester di El-azhar University, setiap kekeluargaan mengadakan rihlah sesuai kesepakatan masing-masing kekeluargaan.

Bersama bapak Qomarulloh (kepsek SIC)










Namun, 2 orang Alumni Man lubuk sikaping ini mempunyai target dalam rihlah ini, mendaki Gunung Sinai sekaligus mengibarkan bendera sang merah putih (Indonesia) dan bendera Sang merah putih hitam (Mesir) di puncak bukit sinai sekaligus menikmati salju di akhir musim dingin tahun ini. Awal nya kami tidak yakin akan bisa mendaki gunung sinai tersebut, karena semenjak sampai disana kami dihampiri hujan dan cuaca sangat dingin -4 derajat celcius, sebagaimana yang dilaporkan ketua KMM Mesir M. Syukron Darmis sedangkan biasanya sehari-hari cuaca berkisar +8 sampai 20 derajat celcius.










Berkat tekad yang kuat dari semua peserta rihlah Al-hamdulillah kami bisa sampai di puncak bukit sinai dengan selamat, walaupun jalan mendaki dan agak licin, dan berhasil mengibarkan bendera Indonesia dan Mesir. perjalanan menuju puncak sekitar 3 jam lamanya.


Rihlah ini juga dalam suasana mengenang kelahiran sang teladan kita Nabi Muhammad saw dan juga memperingati 2 tahun revolusi mesir, setelah tumbangnya rezim Hosni mubarok.

Akhirnya Al-hamdulillah kami ucapkan, kita bersyukur kepada Allah swt, semua peserta rihlah selamat sampai kerumah masing-masing, dan semoga rihlah ini bisa membangkitkan semangat kita untuk menempuh study selanjutnya.




Kairo-Mesir, 29 Januari 2013 M/ 19 Robi'ul awal 1434 H, pukul 23.00 waktu Mesir.
Oleh : Maswir Muhammad Nur dan H. Azmil Nasution (Alumnus Man Lubuk Sikaping-Pasaman)

0 komentar:

 

Kadri Bonjoly's Blog Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos