Tuesday, May 7, 2013

KONSEP DASAR MANAJEMEN KELAS

Diposkan oleh KADRY BONJOLY di 5:43 AM

BAB I
PEMBAHASAN
1.      Pengertian
Manajemen kelas berasal dari  bahasa inggris yaitu “management”yang artinya pengelolahan, tata laksana, tata pimpinan[1] Kelas adalah sebuah ruangan yang di batasi oleh empat diding yang di gunakan dalam proses belajar mengajar oleh sekelompok siswa yang pada waktu , tempat dan guru yang sama dalam pembelajaran.
Oemar malik berpendap bahwa kelas adalah suatu kelompok orang yang melakukan kegiatan secara bersama-sama dan mendapat pembelajaran dari gurunya[2]
Jadi manajemen kelas adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan guru di dalam kelas ,menciptakan ,mempertahankan ,dan menperbaiki kondisi kelas yang optimal sehingaga menjadi efektif dan efesien yang meliputi tujuan pembelajaran ,waktu, peralatan,fasilitas belajar  dan pengelompokan siswa dalam belajar[3]

2.      Tujuan Pengelolahan Kelas
Tujuan pengelolahan kelas yaitu agar setiap anak di kelas dapat belajar dengan tertip  sehinga tercapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien[4].adapun tujuan pengelolahan kelas pada hakikatnya telah terkandung dalam tujuan pendidikan.secara umumtujuan pengelolahan kelas adalah penyedian fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingungan sosial,emosianal,dan intelektualdalam kelas [5]
Adapun tujuan pengelolahan kelas lainnya adalah:
a.       Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menhalangi terwujudnya lingungan sosial,emosional dan intelektual siswa di kelas.
b.      Membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang ekonomi,sosial budaya serta sifat-sifat individunya
c.       Terciptanya suasana atau kondisi belajar mengajar yang kondusif(lancar,di siplin, dan bergaira)
d.      Terjadinya hubungan baik antar guru dengan, siswa dengan siswa
Dari pengertian dan tujuan tersebut menjelaskan pentingnya pengelolaan kelas yang merupakan salah satu kemampuan dan keterampilan penting yang harus di kuasahi oleh setip guru.

3.      Kegiatan Pengelolahan Kelas
a.       mengatur orang
ü  tingka laku
ü  kedisiplinan
ü  minat atau perhatian
ü  gaira belajar
ü  dinamika kelompok
b.       mengatur vasilitas belajar
·          Kenyamanan
·          Letak duduk
·          Penempatan kelas
·          Dll[6]

4.      Faktor-Faktor Yang Mempengarui Pengelolahan Kelas
Pengelolahan kelas bukanlah pemasalahan yang berdiri sendiri ,tertapi terkait dengan berbagai faktor.pemasalahan anak didik adalah faktor utama yang terkait lansung  dalam hal ini,karena pengelolahan kelas yang di gunakan guru tidal lain adalah  untuk meningkatkan kegairahan belajar anak didik baik secara kelompok maupun secara individual[7]
Masalahan pengelolahan kelas bukan pula merupakan tugas yang ringan.berbagai faktor yang mempengarui pengelolahan kelas ada dua yaitu faktor interen eksteren.faktor interen ,siswa berhubungan dengan masa emosi ,pikiran dan perlaku.sedangkan faktor eksteren ,siswa terkait dengan masalah suasana lingkungan belajar penempatan siswa pengelompokan siswa ,jumlah siswa di kelas dan sebagainya.[8]
Adapun faktor lain yang mempengarui pengelolahan kelas :
  1. Kurikulum
Kurikulum haruslah di rancang dalam membatu anak-anak mencapai tujaan pendidikan ,yang di selengarakansecara berencana dan terarah serta teroganisir,karna kegiatan kelas bukan sekedar di pusatkan pada penyampaian selanjutnya materi pembelajaran atau pengetahuan yang bersifat intelektualistik akan tetapi juga memperhatikan aspek pembentukan pribadi  baik sebagai makluk  individual  dan makluk sosial maupun sebagai makluk yang bermoral.
  1. Gedung dan serana kelas atau sekolah
Perencanaan dalam membagun sebuah gedung untuk sebuah sekolah berkenaan dengan jumlah dan luas setiap ruangan ,letak dan dekorasinya yang harus disesuaikan dengan kurikulum yang di perkunakan
  1. Guru  
Guru juga harus bisa menciptakan suasana dalam kelas agar terjadi  mengajar yang dapat memotevasi siswa untuk belajar dengan baik  dan sunggu-sunggu.
  1. Murid
Murid sebagai unsur kelas harus perasaan kebersamaan ,hal tersebut merupakan kondisi yang sangat penting untuk terciptanya kelas yang dinamis.oleh karna itu setiap murid harus memiliki perasaan terhadap kelasnya dan ikut serta dalam kegiatan kelas.
  1. Dinamika kelas
Dinamika kelas pada dasarnya berarti kondisi kelas yang diliputi dorongan untuk aktif secara terarah yang dikembangkan melalui kratifitas dan inisiatif murid sebagai suatu kelompok ,untuk untuk itu setiap wali atau guru kelas harus berusaha menyalurkan berbagai saran ,pendapat,gagasan, potensi dan energi yang dimiliki murid menjadi kegiatan –kegiatan yang berguna .dengan demikian kelas tidak akan berlansung secara menbosankan
Dinamika kelas ini di pengarui oleh berbagai komponen yang sangat di saratkan dalam pengelolahan kelas :
1)      Kegiatan administrasi manajemen
ü  Perencanaan kelas
ü  Pengorganisasian kelas
ü  Pengarahan kelas koordinasi kelas
ü  Komunikasi kelas
ü  Kontrol kelas
2)       Penataan ruangan dan alat pengajaran
ü  Pengaturan ruangan belajar
ü  Pengaturan empat duduk
ü  Ventelasi dan pengaturan cahaya
ü  Pengaturan penyimpan barang
3)      Kedesiplinan kelas
Di sekolah disiplin banyak digunakan untuk mengontrol tingah laku pesera didik yang di kehendaki  agar tugas –tugas di sekolah dapat berjalan dengan optimal.

5.      Pendekatan Dalam Pengelolahan Kelas
a)      Pendekatan kekuasaan.
Kedesiplinan adalah kekuatan yang menutut kepada anak didik untuk mentaatinya.di dalamnya ada kekuaaan dalam norma yang mengikat untuk di taati oleh angota kelas .melalui kekuasaan dalam bentuk norma itulah guru mendekatinya.
b)      Pendekatan acaman.
Dari pendekatan ancaman atau iniminasi ini ,pengelolahan kelas juga merupakan suatu proses untuk mengontrol tingah laku anak didik.
c)      Pendekatan kebebasan.
Pengelolahan di artikan sebagai suatu proses untuk membantu anak didik agar merasa bebas untuk mengejarkan sesuatu kapan saja dan dimana saja

d)     Pendekatan pengajaran.
Pendekatan ini menganjurkan tingah laku guru dalam mengajar untuk mencegah dan menghentikan tingkah laku anak didik yang kurang baik .peranan guru adalah merencanakan dan mengimplementasikan pelajaran yang baik
e)      Pendekaan perubahan tingah laku.
Sesuai dengan namanya ,pengelolahan kelas diartikan sebagai sesuatu proses untuk mengubah tingakah laku anak didik .peranan guru adalah mengembangkan tingah laku anak didik yang baik dan mencegah tingkah laku yang kurang baik
f)         Pendekatan suasana emosi dan hubungan sosial.
Menurut pendekatan ini pengelolahan kelas merupakan suatu proses menciptakan iklim atau suasana emosional dan hubunngan sosial yang positif dalam kelas
g)      Pendekatan proses kelompok.
Pengelolahan kelas diartikan sebagai suatu proses untuk menciptan kelas sebai suatu sistym sosial.dimana proses kelompok merupakan yang paling utama .peranan guru adalah mengusahakan agar perkembangan dan pelaksanaan proses kelompok ini efektif.

6.      Prinsip-Prinsip Pengelolahan Kelas
Dalam rangkah menperkecil ganguan dalam pengelolahan kelas prinsip-prinsip pengelolahan kelas dapat di pergunakan .maka penting bagi guru untuk mengetahui dan menguasai prinsip-prinsip pengelolahan kelas
Ø  Tantangan
Ø  hangat dan antusias
Ø  bervariasi
Ø  penekanan pada hal-hal yang positif
Ø  penanaman disiplin diri



7.      Komponen –Komponen Keterampilan Pengelolahan Kelas
a.       Keterampilan yang berhubungandengan penciptaan dan pemiliharaan kondisi belajar yang optimal.
Keterampilan ini berhubungan dengan kompotensi guru dalam mengambil ini siatif dan mengendalikan pelajaran serta aktifitas –aktifitas yang berkaitan dengan keterampilan sebagai berikut :
Ø  sikap tangap
komponen ini di tunjukan oleh tingah laku guru bahwa ia hadir bersama mereka.guru tahu kegitan mereka,tahu adanya perhatian atau tidak adanya perhatian dan tahu apah yang mereka kerjakan
Ø  menbagi perhatian
pengelolahan kelas yang efektif terjadi bilah guru mampu menbagi perhatianya kepada beberapa kegiatan  yang berlansung dalam waktu yang sama.
b. Keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal
Keterampilan ini berkaitan dengan tangapan guru terhadapganguan anak didik yang berkelanjutan dengan maksud agar guru dapat mengadakan tindakan remedial untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal.apabilah anak didik mengalami ganguan yang berulang-rulang walaupun guru telah mengunakan tangapan yang sesui guru dapat mintak bantuan padaakepalah sekolah ,konselor sekolah,atau orang tua anak didik untuk membantu mengatasinya.

8.      Penataan Ruangan Kelas
Agar terciptanya suasana belajar yang mengeraikan perludi perhatian pengaturan atau penataan ruang kelas belajar.penyusunan atau pengaturan ruangan belajar hendaknya memungkinkan anak duduk berkelompok dan memudahkan guru bergerak secara leluasa untuk membantu siswa dalam belajar .pengaturan-pengaturan yang perlu di lakukan :
ü  pengaturan tempat duduk
ü  pengaturan alat-alat pengajaran
ü  penataan keindahan dan kebersihan kela
ü  ventilasi dan tata cahaya
BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Manajemen kelas adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan guru di dalam kelas ,menciptakan ,mempertahankan ,dan menperbaiki kondisi kelas yang optimal sehingaga menjadi efektif dan efesien yang meliputi tujuan pembelajaran ,waktu, peralatan,fasilitas belajar  dan pengelompokan siswa dalam belajar
Tujuan yang hendak di capai dalam manajemen kelas ini adalahagar setiap anak dapatbelajar dengan tertip sehingah tujuan bisa tecapai dengan baik
Dalam pengelolahan kelas ini kegiata-kegitan yang harus diperhatikan adalah mengatur perserta didik dan mengatur fasilitas belajar
Kegiatan tersebut dilakukan dengan melalui pendekatan
ü  pendekatan kekuasaan
ü  pendekatan acaman
ü  pendekatan kebebasan
ü  pendekatan pengajaran
ü  pendekatan perubahan tingka laku
ü  pendekatan suasana emosi dan hubungan sosial
ü  pendekatan proses kelompaok
Dan tujaun akan lebih bisa tercapai lebih baik lagi bila adanya;
ü  keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemiliharaan kondisi belajar
ü  keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar
B.     Saran
Makalah ini berisi tentang bagaimana seorang guru bisa memenint kelas dengan baik,untuk itu penulis berusaha mengungap dengan sebaik-baiknya agar kita sebagai seorang calon guru nanti tidak cangung lagi,untuk itu hendaknya kita jangan mencukupi sampai disini saja,karna masi banyak lagi hal-hal yang terkait yang belom kita ketahui,oleh karna itu mari kita sama-sama lebih mendalami lagi.muda-mudahan allah menberkati kita amin..


[2] Syaful Bahri dan djamara Zain,starategi belajar mengajar.jakarta:PT Rineka cipta 2006.hal175
[3] Htt://students.blok.unnes.id/Alenzty.pengertian manajemen kelas
[4] Suharsimi Arikunto,pengelolahan kelas dan siswa.jakarta:rajawali,1992
[5] Op-cit.strategi belajar mengajar.h 178
[6] Htt://students.blok.unnes.id/Alenzty.pengertian manajemen kelas
[7] Op-cit.strategi belajar  mengajar hal 179
[8] Ibid h.184

0 komentar:

 

Kadri Bonjoly's Blog Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos