Tuesday, May 7, 2013

PRINSIP - PRINSIPDALAM MANAJEMEN KELAS

Diposkan oleh KADRY BONJOLY di 5:45 AM


A.  Pengertian Prinsip Dasar Pengololaan Kelas
Bahwasannya kalau kita membicarakan mengenai prinsip , hal itu merupakan sebuah pandangan , acuan dan pegangan yang memang harus ada dimiliki oleh seorang pendidik. Seperti yang harus ada dalam prinsip ini adalah :
1.      Memiliki Stabilitas emosi, hal ini harus ada pada diri seorang pendidik, karena didalam local atau dilapangan pendidik ini akan menghadapi peserta didiknya yang beragam jenis juga prilakunnya.
2.      Optimis, dari optimis ini seorang pendidik akan memunculkan rasa percaya diri dari pendidik tersebut.
3.      Sederhana, disini yang dimaksud dengan sederhana tersebut adalah dari segala aspek yang menjadi kepribadian dari seorang pendidik yang patut dijadikan contoh oleh peserta didiknya, seperti : penampilan, bahasa atau gaya berbicara, dll
4.      Adil / Objektif, dalam pengelolaan kelas tersebut pendidik memang dituntut untk berprilku adil, dan tidak memihak pada satu pihak saja, dapat juga dirinci adil disini adalah :
a.       Adil dalam kelas, dari segi pandangan mata dalam penguasaan audiens dalam lokal
b.      Adil dalam proses pembelajaran, maksud disini dalam kelancaran proses belajar mengajar guru harus bersifat adil, baik dari segi pemberian nilai dan lain – lain.
5.      Hangat dan antusias, Maksudnya disini adalah peserta didik atau audien yang sedang dihadapi, itu senang belajar dan menerima pelajaran dari pendidiknya tersebut, tidak membosankan terhadap pelajaran yang disuguhkan kepadanya.
6.      Kejujuran, maksudnya disini adalah jujur dalam bertindak, baik pemberian nilai, menggilirkan pertanyaan kepada peserta didik, dan lain – lain sebagainya.

Sedangkan  kalau kita membicarakan Pengelolaan kelas hal itu merupakan suatu hal yang dilakukan oleh seorang pendidik dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dengan tujuan agar terciptannya kegiatan belajar mengajar yang optimal, sehingga kompetensi yang diharapkan tersebut memang benar – benar tercapai.
Jadi disini dalam proses pengelolaan kelas ini, memang sangat mengharapkan manajemen yang mantap dari pendidik, baik dari segi kwalitas ilmu yang akan diberikan kepada peserta didik, maupun bentuk tindakan yag akan dilaksanakan dalam penyampaian materi ajar kepada peserta didik, sehingga pembelajaran yang maksimal dan kompetensi yang diharapkan tersebut akan tercapai.
Adapun factor yang mempengaruhi dalam pengololaan kelas ini :
1.      Faktor Intern (  Dalam )
`           Hal ini merupakan suatu yang terkait langsuang dengan diri peserta didik , baik mosi, atau perbedaan yang lainnya .    
Jadi di point satu ini dapat penulis tuliskan pendapat, bahwasannya seorang pendidik itu juga harus mengetahui keadaan yang sedang dialami oleh peserta didiknya, karena hal itu sangat penting dan sangat berpengaruh sekali dalam proses belajar mengajar, kenapa demikian, seandainya seorang pendidik tidak mengetahui hal ini, tentu juga metode yang cocok dalam peyaluran materi ajar yang akan disampaikan juga tidak tepat, sedangkan kita tahu, bahwa metode dan strategi yang digunakan dalam proses belajar mengajar ini sangat berpengaruh sekali terhadap kelangsungan proses belajar mengajar.
2.      Faktor Ekstern ( Luar )
Maksudnya faktor ekstern disini adalah yang mempengaruhi pengelolaan kelas ini juga beasal dari luar, hal ini juga harus diketahui oleh seorang pendidik, kenapa demikian, karena dalam proses pengololaan kelas yang ideal, dengan tujuankita agar materi yang akan disampaikan tersebut dapat disampaikan dan diserap oleh peserta didik dengan baik, sehingga indicator yang diharapkan tersebut tercapai, tentu keadaan sekitarnya dominant juga dalam menentukan dan mewujudkan apa yang diharapkan tersebut.
Sebagai contoh bagi kita, kondisi tempat dimana kita akan mengajarkan bahan ajar tersebut kepada peserta didik, contoh kecilnya saja kondisi local tempat siswa belajar, tentu harus kita perkirakan juga berapa se idealnya efektifitas siswa yang wajar didalamnya, karena kondisi lokal yang ditempati siswa itu juga sangat besar pengaruhnya dalam proses belajar mengajar.
Jadi dari permasalahan diatas peran guru atau pendidik disini adalah bagaimana seorang guru atau pendidik ini mampu dan tanggap dalam mengelolah kelas sehingga informasi yang disampaikan kepada peserta didik ini tersampaikan dengan baik, dan mudah dicernah oleh peserta didik tersebut, dan indicator yang diharapkan tersebut memang tercapai dengan baik.
B.  Macam – Macam Prinsip Dalam Pengelolaan Kelas
a.  Hangat dan Antusias
Hangat dan antusias ini sangat diharapkan dalam proses belajar mengajar, kenapa demikian ? karena seorang pendidik yang merasa menyenangkan bagi anak didiknya akan menentukan juga akan kondisi belajar pada anak didiknya.
Sebagai contoh bagi kita, seandainnya seorang pendidik itu sangat menyenangkan rasanya bagi anak didiknya, tentu tingkat kebosanan menerima bahan pelajaran dari pendidik yang bersangkutan tentu akan berjurang juga, kalau tingkat kebosanan atau kejenuhan itu sdah berkurang, tentu  pelajaran yang diberikan oleh pendidik tersebut dengan mudah juga dimengerti dan disukaioleh peserta didik.

b. Tantangan
               Dalam proses belajar mengajar dan memeneg kelas dengan baik, tantangan ini juga sangan besar pengaruhnya, tantangan maksudnya disini adalah bagaimana seorang pendidik mampu untuk memberikan tantangan yang sifatnya dapat menimbulkan gairah bagi peserta didik dalam menerima bahan pelajaran yang disampaikan.

c.  Bervariasi
                        Maksudnya bervariasi disini adalah dalam kelangsungan proses belajar mengajar, hendaknya pendidik jangan bersifat dan cendrung monoton dalam menyampaikan materi pelajaran tersebut. Mungkin disini pendidik bisa memvariasikan metode yang digunakan dalam menyampaikan materi tersebut. Mungkin dengan menggunakan media sebagai penunjang dalam menyampaikan bahan ajar, karena kevariasian yang digunakan oleh pendidik ini adalah salah satu kunci sukses dalam pencapaian pengelolaan kelas.
d.                         Keluwesan
                  Dalam keluwesan tingkah laku guru sangat diharapkan juga dalam mengubah strategi mengajar, yang berkemungkinan munculnya gangguan siswa dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif.
e.  Penekanan pada Hal – hal yang positif
               Maksudnya disini adalah hendaknya pendidik dalam mengajarkan ilmu ke peserta didik tidak hanya terbatas pada pokok materi saja, tetapi juga memberikan masukan – masukan yag positif kepada anak didik, karena hal itu juga sangat menentukan dalam tercapainya yang namanya keberhasilan dalam mendidik tersebut.
               Karena kita tahu bahwasannya yang namanya keberhasilan dalam mendidik itu tidak cukup hanya dengan materi pokok bahan ajar saja, tetapi realisasinya apa yang telah didapatkan peserta didik tersebut dalam kehidupan nya sehari – hari juga sangat menntukan apakah pendidikan itu berhasil atau tidak,
               Jadi kesimpulannya disini menurut penulis keberhasilan dalam mendidik tersebut tidak hanya cukup dengan mengajarkan materi yang ada dalam silabus saja, tetapi hendaknnya pendidik itu juga memperhatikan dengan seksama perkembangan peserta didik dalam menerapkan apa yang telah didapatkannya di lembaga pendidikan tersebut dalam kehidupan nya di masyarakat atau dilapangan.
  1. Penerapan disiplin diri
                  Dan juga tujuan dari pengelolaan kelas ini bagaimana pendidik tersebut berupaya untuk menerapkan ke disiplinan diri pada peserta didiknya,hendaknya semua itu di aktualisasikan terlebih dahulu oleh pendidik tersebut, sehinga pendidik tersebut menjadi contoh juga bagi anak didiknya dalam menerapkan kedisiplinan dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
C.     Strategi Mengimplementasikan Prinsip – Prisip Pengelolaan Kelas
Ada beberapa Prinsip dalam pengelolaan kelas ini, diantaranya adalah :
a.       Pendidik tersebut memberikan keteladanan
b.      Memberikan tugas – tugas untuk memecahkan masalah , menganalisis, mengambil keputusan dan sebagainya
c.       Menyelenggarakan berbagai percobaan
d.      Memberi semangat dan mengaktifkan peserta didik supaya tetap berminat
e.       Berusaha memusatkan perhatian pada tugas – tugas tertentu yang berhubungan dengan pencapaian tujuan belajar
f.       Pengalaman yang akan diberikan kepada peserta didik hendaknya pengalaman- pengalaman yag telah dimiliki oleh pendidik
g.      Penggunaan alat peraga dan berbagia metode belajar
h.      Memberikan kesempatan berpartisipasi untuk mencapai hasil yang diharapkan.















TUGAS II
Konsep Dasar Pengelolaan Kelas

A.    Pengertian Pengelolaan Kelas
Manajemen kelas berasal dari  bahasa inggris yaitu “management” yang artinya pengelolahan, tata laksana, tata pimpinan[1]
Kelas adalah sebuah ruangan yang di batasi oleh empat diding yang di gunakan dalam proses belajar mengajar oleh sekelompok siswa yang pada waktu , tempat dan guru yang sama dalam pembelajaran.
Oemar malik berpendap bahwa kelas adalah suatu kelompok orang yang melakukan kegiatan secara bersama-sama dan mendapat pembelajaran dari gurunya[2]
Jadi manajemen kelas adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan guru di dalam kelas ,menciptakan ,mempertahankan ,dan menperbaiki kondisi kelas yang optimal sehingaga menjadi efektif dan efesien yang meliputi tujuan pembelajaran ,waktu, peralatan,fasilitas belajar  dan pengelompokan siswa dalam belajar[3]
1.            tujuan pengelolahan kelas
tujuan pengelolahan kelas yaitu agar setiap anak di kelas dapat belajar dengan tertip  sehinga tercapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien[4].adapun tujuan pengelolahan kelas pada hakikatnya telah terkandung dalam tujuan pendidikan.secara umumtujuan pengelolahan kelas adalah penyedian fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingungan sosial,emosianal,dan intelektualdalam kelas [5]
adapun tujuan pengelolahan kelas lainnya adalah:
a.       menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menhalangi terwujudnya lingungan sosial,emosional dan intelektual siswa di kelas.
b.      Membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang ekonomi,sosial budaya serta sifat-sifat individunya
c.       Terciptanya suasana atau kondisi belajar mengajar yang kondusif(lancar,di siplin, dan bergaira)
d.      Terjadinya hubungan baik antar guru dengan, siswa dengan siswa
Dari pengertian dan tujuan tersebut menjelaskan pentingnya pengelolaan kelas yang merupakan salah satu kemampuan dan keterampilan penting yang harus di kuasahi oleh setip guru.
2.      kegiatan pengelolahan kelas
a.       mengatur orang
ü  tingka laku
ü  kedisiplinan
ü  minat atau perhatian
ü  gaira belajar
ü  dinamika kelompok
b.       mengatur vasilitas belajar
ü  Kenyamanan
ü  Letak duduk
ü  Penempatan kelas
ü  Dll[6]
3.      faktor-faktor yang mempengarui pengelolahan kelas
pengelolahan kelas bukanlah pemasalahan yang berdiri sendiri ,tertapi terkait dengan berbagai faktor.pemasalahan anak didik adalah faktor utama yang terkait lansung  dalam hal ini,karena pengelolahan kelas yang di gunakan guru tidal lain adalah  untuk meningkatkan kegairahan belajar anak didik baik secara kelompok maupun secara individual[7]
masalahan pengelolahan kelas bukan pula merupakan tugas yang ringan.berbagai faktor yang mempengarui pengelolahan kelas ada dua yaitu faktor interen eksteren.faktor interen ,siswa berhubungan dengan masa emosi ,pikiran dan perlaku.sedangkan faktor eksteren ,siswa terkait dengan masalah suasana lingkungan belajar penempatan siswa pengelompokan siswa ,jumlah siswa di kelas dan sebagainya.[8]
Adapun faktor lain yang mempengarui pengelolahan kelas :
a.       kurikulum
kurikulum haruslah di rancang dalam membatu anak-anak mencapai tujaan pendidikan ,yang di selengarakansecara berencana dan terarah serta teroganisir,karna kegiatan kelas bukan sekedar di pusatkan pada penyampaian selanjutnya materi pembelajaran atau pengetahuan yang bersifat intelektualistik akan tetapi juga memperhatikan aspek pembentukan pribadi  baik sebagai makluk  individual  dan makluk sosial maupun sebagai makluk yang bermoral.
b.      Gedung dan serana kelas atau sekolah
Perencanaan dalam membagun sebuah gedung untuk sebuah sekolah berkenaan dengan jumlah dan luas setiap ruangan ,letak dan dekorasinya yang harus disesuaikan dengan kurikulum yang di perkunakan
c.       Guru
Guru juga harus bisa menciptakan suasana dalam kelas agar terjadi  mengajar yang dapat memotevasi siswa untuk belajar dengan baik  dan sunggu-sunggu.
d.      Murid
Murid sebagai unsur kelas harus perasaan kebersamaan ,hal tersebut merupakan kondisi yang sangat penting untuk terciptanya kelas yang dinamis.oleh karna itu setiap murid harus memiliki perasaan terhadap kelasnya dan ikut serta dalam kegiatan kelas.
e.       Dinamika kelas
Dinamika kelas pada dasarnya berarti kondisi kelas yang diliputi dorongan untuk aktif secara terarah yang dikembangkan melalui kratifitas dan inisiatif murid sebagai suatu kelompok ,untuk untuk itu setiap wali atau guru kelas harus berusaha menyalurkan berbagai saran ,pendapat,gagasan, potensi dan energi yang dimiliki murid menjadi kegiatan –kegiatan yang berguna .dengan demikian kelas tidak akan berlansung secara menbosankan
Dinamika kelas ini di pengarui oleh berbagai komponen yang sangat di saratkan dalam pengelolahan kelas :
1)      Kegiatan administrasi manajemen
ü  Perencanaan kelas
ü  Pengorganisasian kelas
ü  Pengarahan kelas koordinasi kelas
ü  Komunikasi kelas
ü  Kontrol kelas
2)       Penataan ruangan dan alat pengajaran
ü  Pengaturan ruangan belajar
ü  Pengaturan empat duduk
ü  Ventelasi dan pengaturan cahaya
ü  Pengaturan penyimpan barang
3)      Kedesiplinan kelas
Di sekolah disiplin banyak digunakan untuk mengontrol tingah laku pesera didik yang di kehendaki  agar tugas –tugas di sekolah dapat berjalan dengan optimal.
4.      pendekatan dalam pengelolahan kelas
a)      pendekatan kekuasaan
kedesiplinan adalah kekuatan yang menutut kepada anak didik untuk mentaatinya.di dalamnya ada kekuaaan dalam norma yang mengikat untuk di taati oleh angota kelas .melalui kekuasaan dalam bentuk norma itulah guru mendekatinya.
b)      pendekatan acaman
dari pendekatan ancaman atau iniminasi ini ,pengelolahan kelas juga merupakan suatu proses untuk mengontrol tingah laku anak didik.
c)      pendekatan kebebasan
pengelolahan di artikan sebagai suatu proses untuk membantu anak didik agar merasa bebas untuk mengejarkan sesuatu kapan saja dan dimana saja
d)     pendekatan pengajaran
pendekatan ini menganjurkan tingah laku guru dalam mengajar untuk mencegah dan menghentikan tingkah laku anak didik yang kurang baik .peranan guru adalah merencanakan dan mengimplementasikan pelajaran yang baik
e)      pendekaan perubahan tingah laku
sesuai dengan namanya ,pengelolahan kelas diartikan sebagai sesuatu proses untuk mengubah tingakah laku anak didik .peranan guru adalah mengembangkan tingah laku anak didik yang baik dan mencegah tingkah laku yang kurang baik
f)       pendekatan suasana emosi dan hubungan sosial
menurut pendekatan ini pengelolahan kelas merupakan suatu proses menciptakan iklim atau suasana emosional dan hubunngan sosial yang positif dalam kelas
g)      pendekatan proses kelompok
pengelolahan kelas diartikan sebagai suatu proses untuk menciptan kelas sebai suatu sistym sosial.dimana proses kelompok merupakan yang paling utama .peranan guru adalah mengusahakan agar perkembangan dan pelaksanaan proses kelompok ini efektif.
5.      prinsip-prinsip pengelolahan kelas
dalam rangkah menperkecil ganguan dalam pengelolahan kelas prinsip-prinsip pengelolahan kelas dapat di pergunakan .maka penting bagi guru untuk mengetahui dan menguasai prinsip-prinsip pengelolahan kelas
Ø  tantangan
Ø  hangat dan antusias
Ø  bervariasi
Ø  penekanan pada hal-hal yang positif
Ø  penanaman disiplin diri
6.      komponen –komponen keterampilan pengelolahan kelas
a.keterampilan yang berhubungandengan penciptaan dan pemiliharaan kondisi belajar yang optimal.
Keterampilan ini berhubungan dengan kompotensi guru dalam mengambil ini siatif dan mengendalikan pelajaran serta aktifitas –aktifitas yang berkaitan dengan keterampilan sebagai berikut :
Ø  sikap tangap
komponen ini di tunjukan oleh tingah laku guru bahwa ia hadir bersama mereka.guru tahu kegitan mereka,tahu adanya perhatian atau tidak adanya perhatian dan tahu apah yang mereka kerjakan
Ø  menbagi perhatian
pengelolahan kelas yang efektif terjadi bilah guru mampu menbagi perhatianya kepada beberapa kegiatan  yang berlansung dalam waktu yang sama.
b.keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal
keterampilan ini berkaitan dengan tangapan guru terhadapganguan anak didik yang berkelanjutan dengan maksud agar guru dapat mengadakan tindakan remedial untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal.apabilah anak didik mengalami ganguan yang berulang-rulang walaupun guru telah mengunakan tangapan yang sesui guru dapat mintak bantuan padaakepalah sekolah ,konselor sekolah,atau orang tua anak didik untuk membantu mengatasinya.
7.      penataan ruangan kelas
agar terciptanya suasana belajar yang mengeraikan perludi perhatian pengaturan atau penataan ruang kelas belajar.penyusunan atau pengaturan ruangan belajar hendaknya memungkinkan anak duduk berkelompok dan memudahkan guru bergerak secara leluasa untuk membantu siswa dalam belajar .pengaturan-pengaturan yang perlu di lakukan :
ü  pengaturan tempat duduk
ü  pengaturan alat-alat pengajaran
ü  penataan keindahan dan kebersihan kela
ü  ventilasi dan tata cahaya



BAB III
PENUTU
  1. Kesimpulan
Manajemen kelas adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan guru di dalam kelas ,menciptakan ,mempertahankan ,dan menperbaiki kondisi kelas yang optimal sehingaga menjadi efektif dan efesien yang meliputi tujuan pembelajaran ,waktu, peralatan,fasilitas belajar  dan pengelompokan siswa dalam belajar
Tujuan yang hendak di capai dalam manajemen kelas ini adalahagar setiap anak dapatbelajar dengan tertip sehingah tujuan bisa tecapai dengan baik
Dalam pengelolahan kelas ini kegiata-kegitan yang harus ndiperhatikan adalah
ü  mengatur perserta didik
ü  mengatur fasilitas belajar
kegiatan tersebut dilakukan dengan melalui pendekatan
ü  pendekatan kekuasaan
ü  pendekatan acaman
ü  pendekatan kebebasan
ü  pendekatan pengajaran
ü  pendekatan perubahan tingka laku
ü  pendekatan suasana emosi dan hubungan sosial
ü  pendekatan proses kelompaok
dan tujaun akan lebih bisa tercapai lebih baik lagi bila adanya;
ü  keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemiliharaan kondisi belajar
ü  keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar
  1. saran
makalah ini berisi tentang bagaimana seorang guru bisa memenint kelas dengan baik,untuk itu penulis berusaha mengungap dengan sebaik-baiknya agar kita sebagai seorang calon guru nanti tidak cangung lagi,untuk itu hendaknya kita jangan mencukupi sampai disini saja,karna masi banyak lagi hal-hal yang terkait yang belom kita ketahui,oleh karna itu mari kita sama-sama lebih mendalami lagi.muda-mudahan allah menberkati kita amin..





[2] Syaful Bahri dan djamara Zain,starategi belajar mengajar.jakarta:PT Rineka cipta 2006.hal175
[3] Htt://students.blok.unnes.id/Alenzty.pengertian manajemen kelas
[4] Suharsimi Arikunto,pengelolahan kelas dan siswa.jakarta:rajawali,1992
[5] Op-cit.strategi belajar mengajar.h 178
[6] Htt://students.blok.unnes.id/Alenzty.pengertian manajemen kelas
[7] Op-cit.strategi belajar  mengajar hal 179
[8] Ibid h.184

0 komentar:

 

Kadri Bonjoly's Blog Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos